18 Mei 2015



PENGUJIAN SENYAWA ASAM KARBOKSILAT DAN TURUNANNYA

Penulis
Nama               : Wayan Gracias (1313023090)
 
P.S.                  : Pendidikan Kimia (B)
Kelompok       : IV

Mata Kuliah    : Kimia Organik II
Dosen              : Dra. Ila Rosilawati, M.Si
 






Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung
Bandarlampung
2014

KATA PENGANTAR


Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga makalah mata kuliah Kimia Organik II dengan judul Pengujian Senyawa Asam Karboksilat dan Turunannya dapat diselesaikan secara tepat waktu.

Penulis juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, terutama kepada Ibu Dra. Ila Rosilawati, M.Si selaku dosen mata kuliah Kimia Organik II serta para asisten praktikum yang telah membimbing penulis selama proses pembuatan makalah.

Penulis menyadari bahwa makalah ini memiliki banyak kekurangan, baik secara isi maupun bahasa yang digunakan di dalamnya. Oleh karena itu, penulis mengharapkan  kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.


Bandarlampung,   Desember 2014


                                      Penulis



DAFTAR ISI

Halaman
COVER……………………………………………………………………….
i
KATA PENGANTAR………………………………………………………..
ii
DAFTAR ISI………………………………………………………………….
iii


I.          PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang………………………………………………………
1
1.2  Tujuan Penulisan…………………………………………………….
2
II.        ISI
3
III.  PENUTUP

3.1 Kesimpulan
17
DAFTAR PUSTAKA




I.                   PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang
Banyak senyawa asam karboksilat yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti asam asetat yang digunakan sebagai cuka, asam benzoat sebagai pengawet makanan. Ada juga beberapa senyawa asam karboksilat yang memang sudah terkandung dalam makanan manusia seperti dalam buah-buahan. Jeruk yang didalamnya terkandung asam sitrat, apel yang terkandung asam malat, dan lain-lain. Asam karboksilat memiliki bau yang khas dan memiliki gugus karboksil pada senyawanya.
Asam karboksilat juga memiliki senyawa-senyawa turunannya diantaranya adalah halida asam, anhidrida asam, ester, amida, dan nitril. Masing-masing senyawa ini memiliki gugus fungsi masing-masing yang dapat membedakannya dengan senyawa lain. Derivat asam karboksilat ini juga sebenarnya sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti ester, yang sering digunakan sebagai essens pemberi aroma pada makanan, atau digunakan pula sebagai parfum, bahkan dapat pula digunakan sebagai bahan pembuat mentega dan pembuatan sabun. Mengingat banyaknya manfaat yang dimiliki oleh senyawa asam karboksilat dan derivatnya, maka penting dipelajari mengenai sifat-sifat asam karboksilat, reaksi-reaksi yang terjadi pada senyawanya, beserta karakteristik yang dimiliki oleh masing-masing senyawa tersebut. Untuk memahami lebih lanjut mengenai sifat-sifat, struktur senyawa, tata nama senyawa, dan reaksi-reaksi yang terjadi pada senyawa asam karboksilat dan derivat asam karboksilat maka disusunlah makalah ini.

Silakan download isi makalahnya dengan mengklik link berikut:

 
download[4]

0 komentar:

Posting Komentar